Rabu, 09 Januari 2013

BERJUANG MELAWAN GAGAL GINJAL

BERJUANG MELAWAN GAGAL GINJAL

     Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya, jika kita sehat semua bisa kita lakukan, tapi bagaimana jika kita atau orang yang di vonis menderita penyakit yang kronis yang mengancam jiwanya. Itulah yang di alami oleh sahabat saya yang bernama Tomi. Dia adalah sahabat saya sejak kecil. Kami selalu bermain bersama hingga sekarang beranjak dewasa, walaupun rumah kami tidak berdekatan tetapi kami selalu berusaha meluangkan waktu untuk bisa bertemu. Rumah saya di bekasi sedangkan rumah tomi di Tanggerang, tetapi kami selalu berusaha bertemu untuk sekedar bercerita dan bersenda gurau, kami biasanya bertemu seminggu sekali di bekasi karena Tomi punya saudara di Bekasi, jadi Tomi bisa sekalian main ke rumah saudaranya.

     Pada awal bulan februari 2012 semuanya berubah total ketika sahabat saya ini di vonis menderita penyakit gagal ginjal, semua tidak ada yang menyangka kalau ini akan terjadi, karena sebelumnya Tomi sehat – sehat saja, bahkan pada malam pergantian tahun satu bulan sebelumnya kami sempat berkumpul bersama dengan teman – teman yang lain untuk merayakan malam pergantian tahun baru di sebuah tempat, saya sendiri sempat tidak percaya kalau semua ini bisa terjadi pada sahabat saya sendiri, saya seperti merasa mimpi ketika mendengar kabar yang tidak baik ini. Tapi itu lah kenyataan nya, sekarang Tomi sahabat saya menderita penyakit yang kronis, penyakit yang sangat mengancam jiwanya.

     Hari – hari yang sangat berat harus di lalui oleh Tomi setelah di vonis menderita gagal ginjal, menahan rasa sakit yang sangat menyiksa, keluar masuk rumah sakit untuk melakukan cuci darah secara rutin, sampai melakukan pengobatan alternative ke berbagai tempat, tetapi hasilnya tidak begitu memuaskan. Jalan satu – satunya saat ini yang mungkin di lakukan untuk bisa terus bertahan hidup adalah melakukan cuci darah secara rutin, tetapi cara ini saya rasa kurang efektif untuk menyembuhkan penyakitnya. Sebenarnya ada cara lain yang lebih efektif untuk menyembuhkan penyakit gagal ginjal ini, yaitu dengan cara melakukan pencangkokan ginjal, tapi cara ini tidak mudah untuk di lakukan, di samping sulitnya mencari donor ginjal yang pas, operasi pencangkokan ginjal ini juga membutuhkan biaya yang sangat mahal.

     Saya sebagai sahabatnya berharap semoga Tomi lekas sembuh dan dapat kembali menjalankan aktivitasnya seperti dulu lagi, tidak banyak yang bisa saya lakukan untuk membantunya. Saya hanya bisa membantu memotivasi Tomi agar tetap semangat dalam menjalani hidup ini, dan juga mendoakannya agar penyakit gagal ginjal yang di deritanya dapat segera sembuh. Amin Ya Rabb..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar