Perubahan dan Perkembangan Organisasi
Pada kali ini akan membahas tentang Perubahan dan
perkembangan Organisasi
Tujuan perubahan organisasi :
1. Meningkatkan kemampuan
organisasi
2. Meningkatkan peranan organisasi
3. Melakukan penyesuaian secara
internal dan eksternal
4. Meningkatkan daya tahan
organisasi
5. Mengendalikan suasana kerja
Jenis perubahan
1. Jangka pendek
a) Mikro : perubahan tingkat
perorangan – sikap
b) Makro : perubahan akibat
revolusi ; internet – merubah penyebaran informasi
c) Intermediate : perubahan nilai
dan norma ; kelompok melakukan perubahan pola kerja
2. Jangka panjang
a) Mikro : perubahan perorangan ;
dari sikap menjadi kebiasaan
b) Makro : penemuan baru ; jangka
panjang – perubahan sosio cultural ; meningkatkan pengetahuan, perubahann taraf
kesejahteraan
c) Intermediate : perubahan
nilai/norma – menjadi menetap
Change agent :
1. External pressure group
Adanya kelompok/factor penekan dari luar organisasi
yang dapat menimbulkan perubahan
2. Interna pressure group
Adanya factor penekan dari dalam organisasi yang
dapat menyebabkan terjadinya perubahan
Pendekatan OC :
1. Perubahan proaktif
a) Planned change
b) Persiapan penyesuaian terhadap
perubahan
c) Implementasi inovasi structural
d) Kebijakan / tujuan baru
e) Area lebih luas
f) Kelangsungan hidup
organisasi
2. Perubahan reaktif
a) Pemecahan masalah sederhana
b) Penyesuaian sehari-hari
c) Manajer memberikan reajsu
terhadap masalah yang timbul
Reaksi terhadap perubahan :
1. Menyangkal bahwa perubahan
sedang terjadi
2. Mengabaikan perubahan
3. Menolak perubahan
4. Menerima perubahan dan
menyesuaikan diri
5. Mengantisipasi perubahan dan
merencanakannya
Penolakan perubahan
1. Ketidakpastian pengaruh perubahan
2. Merasa dirugikan
a) Manfaat bagi organisasi – belum
tentu bagi individu
b) Mempertahan status
3. Kelemahan pengetahuan
Penanggulangan penolakan
1. Pendidikan dan komunikasi
2. Partisipasi dan keterlibatan
3. Kemudahan dan dukungan
4. Negosiasi dan persetujuan
5. Manipulasi dan bekrja sama
6. Paksaan eksplisit dan implisit
Perubahan efektif
1. Unfreezing
Keadaan dimana orang akan menjadi siap sedia atau
memperoleh atau mempelajari perilaku baru
2. Changing
Orang mulai melakukan perobaan dengan perilaku baru
3. Refreezing
Selama changing – perilaku baru menjadi bagian dari
orang tersebut
Pengertian Perkembangan Organisasi.
Ada beberapa pengertian tentang Perkembangan
Organisasi, yang diantaranya sebagai berikut :
1. Strategi untuk merubah nilai-nilai daripada
manusia dan juga struktur organisasi sehingga organisasi itu dapat beradaptasi
dengan dengan lingkungannya.
2. Suatu penyempurnaan yang terencana dalam fungsi menyeluruh (nilai dan struktur) suatu organisasi.
3. Perkembangan Organisasi merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi.
4. Perkembangan Organisasi merupakan suatu pendekatan situasional atau kontingensi untuk meningkatkan efektifitas organisasi
5.Perkembangan Organisasi lebih menekankan pada system sebagai sasaran perubahan.
6. Perkembangan Organisasi meliputi perubahan yang sengaja direncanakan
2. Suatu penyempurnaan yang terencana dalam fungsi menyeluruh (nilai dan struktur) suatu organisasi.
3. Perkembangan Organisasi merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi.
4. Perkembangan Organisasi merupakan suatu pendekatan situasional atau kontingensi untuk meningkatkan efektifitas organisasi
5.Perkembangan Organisasi lebih menekankan pada system sebagai sasaran perubahan.
6. Perkembangan Organisasi meliputi perubahan yang sengaja direncanakan
Dari beberapa pengertian diatas, dapat kita
simpulkan bahwa Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha
meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan
bersama akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.
Pengembangan organisasi sebagai suatu disiplin perubahan perencanaan yang
menekankan pada penerapan ilmu pengetahuan dan praktek keperilakuan untuk
membantu organisasi-organisasi mencapai efektivitas yang lebih besar. Para
manajer dan staf ahli harus bekerja dengan dan melalui orang-orang untuk
melaksanakan tugas-tugas mereka dan perkembangan organisasi dapat membantu
mereka membentuk hubungan yang efektif di antara mereka.Di dalam menghadapi
akselerasi perubahan yang semakin cepat, perkembangan organisasi diperlukan
untuk bisa mengatasi konsekuensi-konsekuensi dari perubahan tersebut.
Pengembangan organisasi mengukur prestasi suatu
organisasi dari segi efisiensi, efektifitas dan kesehatan :
1. Efisien dapat diukur dengan perbandingan antara masukan dan keluaran, yang mengacu pada konsep Minimaks (Masukan minimum dan keluaran maksimum).
2. Efektifitas adalah suatu tingkat prestasi organisasi dalam mencapai tujuannya artinya kesejahteraan tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai
3. Kesehatan organisasi adalah suatu fungsi dari sifat dan mutu hubungan antara para individu dan organisasi yaitu hubungan yang dinamis dan adaptabilitas
Sumber : rangga-dwid
catatankuliahnya
catatankuliahnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar